PERADABAN SUKU ANAK DALAM JAMBI ( SUKU KUBU )

Suku Kubu atau juga dikenal dengan Suku Anak Dalam atau Orang Rimba adalah salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Mereka mayoritas hidup di propinsi Jambi, dengan perkiraan jumlah populasi sekitar 200.000 orang. Mereka hidup secara nomaden dan mendasarkan hidupnya pada berburu dan meramu, walaupun banyak dari mereka sekarang telah memiliki lahan karet dan pertanian lainnya. Suku Kubu di Jambi pada umumnya bermukim di daerah pedesaan dengan pola yang mengelompok. 


Pemukiman penduduk suku Kubu 

Kehidupan mereka sangat sederhana dan bahkan ada juga yang sudah modern,mereka bisa beli motor,tanah dan lain lain,merekapun masih pindah-pindah tempat.Di Jambi yakni di daerah Trans (Bangko)begitu banyak suku anak dalam mereka buat rumah-rumah untuk tempat tinggal.Mereka makan dari hasil berburu,ada juga yang makan nasi seperti kita yang modern ini.

Dari hasil buruannya itu dikuliti lalu kulitnya dijemur untuk dijual seperti kulit harimau dan macan sedangkan dagingya buat makan mereka.
Bila musim hujan datang mereka akan pindah tempat atau daerah padahal suku anak dalam tersebut begitu tahan dari terik matahari dan hujan,namun karena popularitas hewan buruan sudah berkurang maka akhirnya mereka harus pindah.

















0 komentar:

Poskan Komentar